Rabu, 27 Januari 2016

Cara Mengatasi/memperbaiki Memory Ram Laptop Yang Rusak Bermasalah

Salah satu masalah yang sering terjadi pada komputer atau laptop adalah kerusakan pada unit memory atau RAM. Jika kerusakan memory ini terjadi pada komputer dekstop, biasanya ditandai dengan bunyi beeb panjang yang terjadi pada komputer, dan biasanya layar monitor menjadi tidak tampil alias blank.

Sedikit berbeda dengan kerusakan memory pada laptop, bahwa gejala yang sering terjadi hanya layarnya saja yang tidak tampil. Yang jelas ini gejala yang paling umum, meskipun ada beberapa laptop yang memberikan pesan lewat lampu caps lock yang berkedip-kedip saat terjadi kerusakan pada memorynya.


cara memperbaiki memory laptop

Gejala untuk memory yang rusak tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi. Bisa jadi layar komputer atau laptop muncul garis-garis pelangi, komputer menjadi sangat lambat, system operasi menjadi tersendat-sendat, dan bahkan sangat sulit untuk memasukkan aplikasi baru di dalam komputer. Untuk lebih jelasnya, mungkin Anda perlu membaca Ciri-ciri memory ram yang mulai bermasalah.

Namun perlu diingat, bahwa tidak selamanya gejala seperti itu akibat kerusakan pada memory. Saya sering mendapatkan kasus bahwa kerusakan komponen komputer lainnya seperti processor dan mainboard juga bisa berakibat seperti gejala-gejala di atas.

Jadi bagaimana solusinya agar mengetahui kerusakan itu benar-benar dari memory komputer? Mudah saja, gantikan memory yang rusak dengan memory lain yang masih bagus. Artinya pinjamkan saja RAM yang sejenis misal DDR 1, DDR 2, dan DDR 3. Kemudian pasang pada komputer atau laptop yang mengalami gejala-gejala kerusakan yang telah disebut sebelumnya.

Jika setelah memory lain dipasang, kemudian laptop atau komputer berjalan normal, berarti benar bahwa gejala kerusakan yang di atas merupakan akibat memory yang bermasalah. Nah, sekarang kita kembali ke pokok bahasan kali ini. Bagaimana cara mengatasi memory laptop dan komputer yang bermasalah? Silahkan dibaca lebih lanjut..

1. Siapkan sebuah penghapus untuk membersihkan memory yang rusak. Lebih baik jika menggunakan penghapus yang dual fungsi, untuk pensil dan pulpen. Penghapus ini memiliki dua warna, separuh putih dan separuhnya lagi biru. Yang biru itulah yang digunakan untuk pulpen dan memiliki tekstur yang lebih keras. Lihat gambar di bawah.


  



2. Cabut memory dari socketnya, kemudian gosok-gosok pin-pin memory tersebut menggunakan penghapus yang telah disiapkan tadi hingga pin-pin memory itu bersih mengkilat.




Kemudian silahkan pasang kembali di laptop atau komputer Anda, untuk dilakukan pengetesan. Jika laptop atau komputer Anda bisa berjalan dengan normal, berarti proses membersihkan memory ini berhasil.

3. Namun jika komputer Anda masih seperti semula, maka lepas lagi memory tersebut dari socketnya. Kemudian bersihkan menggunakan tiner dan dikuas-kuas atau digosok menggunakan sikat gigi, untuk membersihkan jika ada karat/korosi yang terjadi pada komponen elektronika seperti IC dll pada memory tersebut.




4. Nah, setelah dicuci menggunakan tiner, kemudian angin-anginkan memory tersebut agar mengering. Jika sudah kering, silahkan pasang kembali pada socketnya untuk dilakukan pengetesan kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar